Sawendui: Galeri

Lokasi Sawendui yang terisolasi menjadi pisau berbilah ganda, karena sangat ideal untuk sebuah daerah konservasi, tetapi di saat yang bersamaan juga berarti tidak adanya fasilitas kesehatan maupun pendidikan. Bangunan sekolah yang kosong karena tidak adanya tenaga pengajar, telah membuat anak-anak Sawendui harus keluar dari desa jika ingin menempuh pendidikan. Kondisi basah kuyup tiba di sekolah, atau ketidakhadiran siswa Sawendui selama musim angin barat sudah menjadi kenyataan sehari-hari. Tingkat buta huruf cukup tinggi dan sekolah walaupun gratis masih dianggap sebagai kebutuhan mewah untuk banyak warga Sawendui.

Tidak adanya fasilitas kesehatan dan kurangnya informasi kesehatan dapat terlihat dari anak-anak yang kurang gizi dan tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai kebersihan. Perkawinan di bawah umur juga masih merupakan praktek yang sering ditemukan, anak perempuan berumur 14 tahun dianggap sudah cukup dewasa untuk menikah dan mempunyai anak, kadang terlalu banyak untuk jangka waktu yang singkat.

Hidup di alam yang begitu kaya membuat pengetahuan banyak warga mengenai pelestarian amat minim. Sejauh mata memandang, hutan terlihat begitu lebat dan laut tidak berbatas. Pemikiran bahwa alam akan terus dapat memenuhi kebutuhan sampai ke generasi mendatang sungguh tidak dapat dihindari.

CATATAN: Tulisan ini dibuat bersama dengan Saireri Paradise Foundation (SPF), sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan berfokus pada pembangunan komunitas yang sadar akan gaya hidup bersahabat dengan alam. Sejak 2012 bersama-sama dengan masyarakat lokal, SPF telah menjalankan program perlindungan dan pelestarian hutan dan laut, dan di saat yang bersamaan juga menjalankan program kemasyarakatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s