Bukan Taman Nasional: Saireri Paradise Foundation di Sawendui

Indonesia adalah salah satu negara mega biodiversity di dunia dan Papua yang terletak di Indonesia paling timur merupakan daerah yang terkenal dengan kekhasan ragam hayatinya. Lebih dari setengah jumlah mamalia, vegetasi dan burungnya tidak dapat ditemukan di daerah lain. Sayang sekali dengan adanya perubahan global di berbagai sektor terutama ekonomi, kelangsungan ekosistem daerah ini menjadi sangat terancam karena adanya kompetisi dengan aktivitas manusia.

Sawendui adalah sebuah dusun kecil di Distrik Raembawi yang berada di pulau Yapen bagian timur laut, secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Yapen dan secara geografis merupakan pulau terbesar di teluk Cendrawasih. Yapen sedari dulu memang sudah dikenal memiliki keragaman hayati yang unik disebabkan posisinya sebagai pulau satelit yang menjembatani pulau Papua dengan gugusan kepulauan yang berada di sebelah utaranya. Keunikan ini telah mendorong beberapa ilmuwan di awal abad 20 untuk mengabadikan beberapa spesies aves dan mamalia dalam taksonomi Latin dengan istilah ‘jobiensis’, sekarang ini Jobi lebih dikenal sebagai Yapen dan sebuah dusun kecil disebelah Yapen timur laut.

11 kilometer ke arah barat dari dusun Jobi adalah Sawendui, Sawendui dipilih menjadi daerah konservasi karena potensi ragam hayati yang sangat tinggi. Letaknya sangat terisolasi disebabkan tidak ada fasilitas jalan, sekaligus pesisir yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang pada saat musim angin barat ombak dapat mencapai ketinggian empat meter. Kondisi laut Yapen utara yang ganas ini pernah didokumentasikan oleh Alfred Russel Wallace dalam The Malay Archipelago:

[…] Alam kelihatannya sangat menjaga hartanya yang paling berharga agar nilainya tidak hilang akibat terlalu mudah didapat. Pertama kami melihat dataran terbuka yang tidak mungkin dilabuhi kapal karena gelombang tinggi Samudera Pasifik; setelah itu, daerah yang tertutup pegunungan curam terdiri dari belantara yang lebat menjadi penghalang yang tidak mungkin dilalui […]

Sawendui mungkin hanya sebuah dusun yang sangat kecil, tetapi tidak dipungkiri merupakan suaka bagi keragaman hayati khas pulau Yapen. Keindahan alamnya tidak usah disangsikan lagi, tetapi yang paling penting alam adalah sebagai “sebuah perpustakaan” dengan nilai yang tak terhingga. Pengetahuan dan potensi yang ada di dalamnya menanti untuk ditemukan, dipelajari dan dilestarikan demi kebaikan umat manusia. Tetapi, tantangan demografis dan ekonomis akan selalu ada kecuali ada tindakan untuk melestarikannya….

spf-05

CATATAN: Tulisan ini dibuat bersama dengan Saireri Paradise Foundation (SPF), sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan berfokus pada pembangunan komunitas yang sadar akan gaya hidup bersahabat dengan alam. Sejak 2012 bersama-sama dengan masyarakat lokal, SPF telah menjalankan program perlindungan dan pelestarian hutan dan laut, dan di saat yang bersamaan juga menjalankan program kemasyarakatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s