Bukan Hotel Kampungan: Pidato Ali Sadikin Menyambut Ulang Tahun HI ke-6

[…] Kalau kita sudah berani menyatakan hotel ini hotel internasional, maka kita harus konsekuen. Kita harus menyesuaikan diri dalam semua hal, baik dalam hal service dan selera internasional. Jangan segala-galanya kita pandang dengan kacamata milik kita sendiri.

Jakarta, kota yang sedang saya pimpin, sama-sekali bukan Bandung, Semarang atau Singaparna. Jakarta adalah Jakarta, kota metropolitan, kota internasional. Hotel Indonesia adalah hotel internasional. Dan kalau sudah berani menyatakan diri sebagai hotel internasional, maka seluruh service-nya juga harus bertaraf internasional. Kalau kita masih selalu terkekang adat, agama atau politik, justru akan merugikan diri kita sendiri.

Bayangkan, apabila kita akan menyajikan makanan tertentu, tetapi menurut agama katanya dianggap haram. Kemudian mau mengadakan pertunjukan tertentu, tidak boleh karena katanya tidak sesuai kepribadian. Ini dilarang, mau itu tidak boleh, jadinya bakal serba repot. Kalau sampai begitu, maka jangan namakan hotel ini, Hotel Indonesia, sebuah hotel internasional. Tetapi sebut saja dengan jelas, hotel kampungan […]

Demikian pesan Gubernur Ali Sadikin kepada manajemen Hotel Indonesia. Ketika memberikan penilaian mengenai keberadaan Hotel Indonesia, Bang Ali menegaskan, “Hotel Indonesia satu-satunya hotel di Jakarta yang dikelola secara normal, terutama dalam hal pembayaran pajak.”

 

CATATAN:

Tulisan ini ditulis dalam rangka penyusunan buku Elegance, Beauty, Influence: Pesona, Kemegahan, dan Kharisma Hotel Indonesia”, kerja sama antara Grand Indonesia dan Red and White Publishing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s